Akreditasi Internasional FIBAA berhasil diraih Prodi S1 PPKn FISHIPOL UNY

Departemen PKnH FISHIPOL UNY senantiasa berupaya untuk terus meningkatkan kualitas dan standarisasi kualitas institusi, baik berupa akreditasi di tingkat nasional maupun internasional. Termasuk upaya peningkatan akreditasi di tingkat nasional maupun internasional Prodi S1 PPKn yang berada di bawah naungan Departemen PKnH Fishipol UNY. Setelah pada tahun 2021 mendapatkan akreditasi nasional dengan predikat «Unggul» dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Departemen PKnH kini juga berhasil meraih akreditasi internasional untuk Prodi S1 PPKn dari lembaga akreditasi internasional «Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA)», pada 20 September 2023. Sebagaimana diketahui bahwa FIBAA memang lembaga internasional yang mengembangkan dan melaksanakan Penilaian yang ketat untuk penjaminan mutu di bidang pendidikan tinggi.

Diperolehnya akreditasi internasional pada Program S1 PPKn FISHIPOL UNY tidak luput dari usaha serius, terarah, dan berkelanjutan dari segenap civitas akademika UNY di tingkat Prodi, Fakultas, maupun Universitas yang senantiasa menjaga dan meningkatkan kualitas Prodi di UNY termasuk Prodi S1 PKnH FISHIPOL UNY. Keberhasilan diperolehnya akreditasi FIBAA juga tidak luput dari upaya Tim Task Force Akreditasi Internasional FIBAA di tingkat Prodi dan Fakultas yang melaksanakan penyusunan dan pengajuan borang Akreditasi Internasional FIBAA sejak Juni 2021.

Prof. Dr. Sunarso, M.Si, selaku Ketua Departemen PKnH Fishipol UNY yang juga merupakan salah satu Akreditasi Internasional FIBAA Prodi PPKn berharap dengan diperolehnya Akreditasi Internasional FIBAA untuk Prodi S1 PPKn FISHIPOL UNY dapat mendorong semua Prodi di Departemen PKnH untuk mendunia.

”Semoga diperolehnya Akreditasi Internasional FIBAA pada 20 September 2021 dapat menjadikan Departemen PKnH makin mendunia. Apalagi saat ini, Departemen PKnH telah memiliki Prodi S2 PPKn dan S3 PKn. S2 PPKn sudah terakreditasi Unggul dari BAN PT, dan S3 PKn sedang diproses untuk itu. Selain itu, dalam waktu dekat ini, Departemen PKnH FISHIPOL UNY juga akan segera memiliki Prodi Baru yakni S1 Ilmu Politik dan S1 Ilmu Hukum”, ujarnya.

Diperolehnya Akreditasi Internasional FIBAA tentu menunjukkan bahwa program studi S1 PPKn FISHIPOL UNY telah memenuhi standar kualitas yang tinggi dan memenuhi persyaratan yang ketat untuk memberikan pendidikan yang berkualitas. Selain itu, diperolehnya akreditasi FIBAA juga membuka peluang adanya peningkatan kerjasama dengan berbagai universitas bertaraf internasional yang telah terakreditasi FIBAA dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sejalan dengan Visi-Misi UNY.

Penulis: Cucu Sutrisno, S.Pd., M.Pd.

 

Indonesian